Menelusuri Pulau Basing Tanjungpinang

Monday, May 1, 2017 3 comments
Akhirnya Tanjungpinang Memiliki Pantai

Kotacinta.com- Beberapa tahun yang lalu, sewaktu Wali Kota Tanjungpinang masih Ibu Suryatati A Manan. Diriku yang usil ini pernah menanyakan, “Ibu, kenapa Tanjungpinang tidak memiliki pantai untuk berenang.” Seperti biasa, sosok wanita kalem ini hanya menjawab dengan senyuman manis.

Tidak disangka, di akhir April 2017 akhirnya Tanjungpinang memiliki pantai landai yang berlokasi di Pulau Basing. Letak Pulau Basing ini tidak jauh dari Pantai Sri Arjana, Tanjung Siambang, Dompak. Namun, untuk mencapai Pulau Basing dibutuhkan sebuah perahu. Walaupun jarak Pulau Basing dengan Pantai Sri Arjana tidak terlalu jauh, yakni hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk tiba di Pulau Basing. Beruntung, sebelum Pulau Basing di buka untuk umum, yakni per tanggal 30 April 2017 ini. Diriku, berkesempatan “memperawani” Pulau Basing.


Kapal yang membawaku ke Pulau Basing dari dermaga Pantai Sri Arjana berjalan dengan mulus. Walaupun, beberapa kali tubuhku harus kecipratan air laut. Namun, tidak usah kuatir. Sebab air lautnya masih bersih, apabila dibandingkan dengan perairan laut pelabuhan Sri Bintan Pura hihihi yang dijadikan pelabuhan transportasi laut antara Batam, Lingga, dan beberapa pulau yang masih di wilayah Provinsi Kepulauan Riau.
  
Honestly, Pulau Basing patut dijadikan salah satu destinasi favorit warga Kota Tanjungpinang maupun wisatawan yang berkunjung di Kota Gurindam 12 ini. Sebab, Pulau Basing selain memiliki keindahan alam juga memiliki jejak peninggalan sejarah. Meskipun masih simpang siur, apakah Pulau Basing adalah lokasi pengasingan ataukah pertahanan. Namun, secara pribadi diriku saat melihat sisa bangunan yang ada. Aku memperkirakan bangunan yang tersisa itu adalah penjara, nah lho..... entahlah, tetapi setiap orang memiliki opini yang berbeda.

Karena itu, berkunjung dong ke Pulau Basing saat liburan ke Kota Tanjungpinang maupun Pulau Bintan. Kemudian tentukan opinimu seperti apa, ketika melihat sisa bangunan yang masih berdiri yang lokasinya tidak jauh dari pesisir pantai. Tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi destinasi baru di kota Gurindam 12 ini. Nuansa pantai di Pulau Basing sangat landai, ombaknya juga tidak terlalu bergemuruh. Sejauh mata memandang masih terlihat nyaman dan menyenangkan, karena masih lokasi baru dan masih belum banyak dibangun. Namun, sudah ada beberapa rumah pondok yang bisa digunakan ketika berkunjung di Pulau Basing.


 Di depan sisa bangunan masa lampau tersebut, terdapat sumur yang hingga saat ini masih berisi walaupun terlihat kotor. Karena itu, aku tidak menggambil gambar sumur tersebut. Namun, bisa dipastikan sumur itu akan dibersihkan dan pengunjung Pulau Basing ketika bermain di pesisir pantai maupun berenang di Pulau Basing tidak akan mengalami kesulitan untuk membasuhkan badan usai berenang.


Berdasarkan pengamatan diriku ketika menginjakan kaki pertama kali di Pulau Basing. Pulau ini sangat nyaman untuk dijadikan tempat camping seperti beberapa pulau yang ada di Lombok. Iya, kenapa tidak! Sebab, lokasi yang tidak jauh dari peradaban, walaupun belum ada penerangan. Meskipun begitu tetap saja Pulau ini sangat nyaman untuk bersantai dan melepas penat dari rutinitas harian.

Apalagi harga tiket kapal menuju Pulau Basing ini tidak mahal dan tidak menguras kantong pengunjung atau penikmat Pulau Basing. Sebab, harga yang dibandrol untuk mengantar kita ke Pulau Basing dan membawa kita kembali ke Pantai  Sri Arjana, Tanjung Siambang, Dompak yakni 20.000 per orang. Murah meriah bukan? Untuk sementara waktu, Pulau Basing dibuka hanya pada akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu. So, tunggu apalagi! Luangkan waktu untuk menikmati sensasi pantai di Pulau Basing.


Pantai adalah tempat dimana kita bisa melepaskan segala penat yang ada. Apapun luas dan bentuknya pantai. Pantai adalah pantai dimana tempat kita bisa menghabiskan waktu untuk menikmati hidup. Jadi, tunggu apalagi. Mari kita menikmati nuansa yang berbeda. Sebab, hidup terasa singkat jika dihabiskan untuk bekerja.



 


http://www.kotacinta.com/2017/05/explore-basing-island-in-tanjungpinang.html

3 comments:

  • herva yulyanti said...

    namanya mirip pangkal pinang aku mikirnya yg di Bangka itu taunya Tanjung Pinang. yeay akhirnya y mba pake perahu kesana yg murah cmn 20rb smg klo ada rezeki bisa kesana jg aamiin

Post a Comment

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day