Makanan Yang Membantu Tidur

Friday, February 10, 2017 5 comments
Makan Benar, Kualitas Tidur Lebih Baik

 Kotacinta.com- Tidur adalah kebutuhan paling penting bagi tubuh, khususnya kita manusia. Mesin saja butuh beristirahat, jika di pakai non stop maka onderdil akan cepat rusak. Bagaimana jika bagian tubuh kita rusak? Tentu saja tidak bisa diganti dengan mudah. Sebab, kita adalah manusia dan bukan ROBOT.

Sebagai manusia tentu saja kita butuh tidur. Namun, bagi kita yang hidup di perkotaan. Tidur adalah bagian peringkat terakhir yang kita harapkan. Kesibukan membuat kita lupa untuk beristirahat. Baik posisi kalian adalah Ibu Rumah Tangga ataupun karyawan, tidur tidak bisa diharapkan ketika semua dituntut untuk super cepat.



Padahal tidur memiliki efek besar bagi kita untuk prima sepanjang waktu. Selain tidur yang cukup, pola makan yang sehat dengan gizi yang seimbang sangat berperan dalam kualitas tidur kita. Sebab, makanan berhubungan langsung dengan serotonin,  Vitamin B6, B12, dan asam folat yang membantu mempromosikan tidur yang sehat. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang menenangkan tubuh, meningkatkan kadar serotonin dan membuat kita siap untuk tidur nyenyak.


Mau tahu, makanan apa saja yang bisa membantu kita tidur nyenyak di malam hari?

Karbohidrat kompleks
Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah  roti gandum, sereal, pasta, biskuit dan beras merah. Karena itu hindari karbohidrat sederhana, termasuk roti, permen seperti cookies, kue,  dan makanan manis lainnya. Sebab makanan tersebut cenderung untuk mengurangi kadar serotonin dan tidak mempromosikan tidur. Alias tubuh jadi lebih aktif. 




Ingat tidak, kenapa balita tidak boleh diberikan makanan manis berlebih. Sebab, tubuh mereka akan lebih super aktif dan tidak bisa diam. Sebab itu, balita dibatasi makan makanan manis baik itu permen, kue, bahkan roti.

Protein Ramping

Apalagi itu protein ramping, pasti itu membuat kamu bingung bukan? Maksudnya adalah protein tanpa LEMAK termasuk keju rendah lemak, ayam, kalkun dan ikan. Makanan ini tinggi asam amino triptofan, yang cenderung meningkatkan kadar serotonin. Untuk keju hindari keju tinggi lemak, sayap ayam atau ikan goreng. Sebab memakan waktu lebih lama untuk dicerna dan dapat membuat kamu terjaga.

Lemak Jantung Sehat
Kamu sudah tahu bukan, Lemak tak jenuh tidak hanya akan meningkatkan kesehatan jantung, tetapi juga meningkatkan tingkat serotonin kita. Contohnya  selai kacang (tapi pastikan dulu di label bahwa kacang adalah satu-satunya bahan yang digunakan) dan kacang-kacangan seperti kenari, almond dan kacang mete.
 


Ada baiknya menghindari  makanan dengan lemak jenuh, seperti kentang goreng, keripik kentang atau makanan ringan tinggi lemak lainnya. Sebab makanan tersebut membuat tingkat serotonin kita rendah.

Minuman

 

Minuman tertentu dapat mempromosikan atau mencegah tidur. Masih ingat tidak, saat masih kecil bunda selalu menyuruh kita minum susu hangat sebelum tidur. Hal itu benar,  jangan minum yang  berkafein, sebab secangkir Kafein dapat mempengaruhi pola tidur kita, tiap orang memiliki pengaruh yang berbeda terhadap pengaruh kafein. Walaupun minum sedikit kafein  dapat membuat kamu terjaga.


Nah, sudah tahu bukan makanan mana yang baik kita konsumsi agar kualitas tidur kita serta kesehatan tubuh tetap terjaga. Jangan sampai kita mengalami persoalan susah tidur. Sebab, tidur yang cukup di malam hari membuat badan kembali segar keesokan harinya. Jangan sampai tidur tetapi badan terasa lemas.

Salam sehat selalu

 


 
http://www.kotacinta.com/2017/02/food-that-help-sleep-better.html





5 comments:

Post a Comment

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day