Kereta Cepat Jakarta Surabaya Siap Jadi Nyata

Thursday, February 2, 2017 1 comments
Saatnya Makin Rajin Traveling!

 Kotacinta.com-Kabar gembira untuk kita yang sering melakukan perjalanan Jakarta – Surabaya atau sebaliknya. PT KAI berencana menghadirkan kereta cepat untuk jalur ini. Kehadiran teknologi muktahir akan memastikan kita bisa sampai ke Surabaya dari Jakarta hanya dalam waktu 5 jam!

Dalam kondisi normal, perjalanan dari Jakarta ke Surabaya atau sebaliknya menggunakan kereta api akan membutuhkan durasi 11 sampai 12 jam. Dalam waktu setengah hari ini, orang kerap mengeluh karena lelah dan bosan selama di kereta api, apalagi jika mereka pergi sendiri.

 
Tahun ini, pemerintah menyatakan sedang melakukan revitalisasi jalur kereta api ganda kawasan Utara Jawa. Kawasan tersebut merupakan lintasan utama kereta api rute Jakarta – Surabaya. Tujuan renovasi dan revitalisasi rel kereta api tersebut adalah untuk meningkatkan laju kereta api hingga rata-rata 160-170 kilometer per jam yang sebelumnya hanya 100 kilometer per jam.

Nantinya, dengan jarak Jakarta–Surabaya kurang lebih 720 kilometer dan laju kereta api yang telah ditingkatkan, penumpang bisa sampai di tujuan hanya dalam waktu sekitar 5 atau 5,5 jam. Menurut Edi Sukmoro selaku Direktur Utama KAI, durasi tersebut sudah termasuk waktu berhenti di stasiun besar Cirebon dan Semarang.

Berdasarkan pernyataan resmi Direktur Jenderal Perkeretaapian dari Kementerian Perhubungan, Hermanto Dwiatmoko, proyek revitalisasi ini memang belum memiliki waktu mulai yang pasti. Namun, tahap inisiasinya sudah sampai pada diskusi dengan pihak pemerintah Jepang yang konon tertarik untuk membantu menggarap eksekusi dan akselerasi proyek ini. Seperti kita ketahui, Jepang sendiri memang sudah memiliki sistem kereta api yang sangat canggih di negaranya. Selain Jepang, negara lain yang pemerintah dekati untuk menjadi investor proyek kereta cepat ini adalah Perancis.



Jika wacana ini bisa terealisasi dengan cepat, pengguna moda transportasi lain akan terdorong untuk beralih naik kereta dalam perjalanan Jakarta – Surabaya. Pasalnya, harga tiket kereta api yang jauh lebih murah dari pesawat terbang nantinya bisa membawa orang tiba di Surabaya atau sebaliknya dengan cepat. Belum lagi ditambah kabar bahwa Traveloka sudah melayai pemesan tiket kereta api secara online.  Semakin mudah saja melakukan perjalanan dengan kereta api.

Naik Kereta Makin Mudah, Murah dan Cepat, Saatnya Traveling ke Surabaya.

Adanya kabar baik serta dukungan dari kemudahan mengakses pemesanan tiket kereta api, tentu membuat proses pemilihan kereta api untuk perjalanan Jakarta – Surabaya atau sebaliknya semakin menarik untuk dipertimbangkan. Bahkan, naik kereta api ke Surabaya bisa kita lakukan sesering mungkin, tak melulu untuk urusan bisnis atau pulang kampung.
 


Sebagai sebuah destinasi wisata, Surabaya menawarkan pilihan beragam. Citra utama sebagai Kota Pahlawan jelas menonjolkan situs-situs sejarah sebagai destinasi unggulan. Menginjakkan kaki di Kota Surabaya tidak akan sah jika Anda tidak singgah di Tugu Pahlawan yang adalah markah tanah kota ini. Monumen ini berdiri gagah setinggi 41 meter di tengah alun-alun pusat kota, tepatnya di Jalan Pahlawan, tak jauh dari kantor gubernur Jawa Timur. Di bawah tugu ini, terdapat museum yang dibangun dengan kedalaman 7 meter. Museum ini berisi tapak tilas pembangunan Tugu Pahlawan serta kilas sejarah pertempuran arek Suroboyo.


Selain itu, situs sejarah berikutnya yang wajib Anda datangi adalah Jembatan Merah. Jembatan ini merupakan saksi bisu pertempuran 10 November yang dijadikan sebagai hari Pahlawan. Jembatan Merah merupakan lokasi tewasnya Brigjen Mallaby dalam pertempuran dengan arek Suroboyo. Monumen simbol kepahlawanan lainnya yang bermukim di Surabaya adalah Monumen Bambu Runcing, Monumen Kapal Selam, dan Taman Mayangkara.

Selain sejarah kemerdekaan, Surabaya juga menjadi tempat wisata sejarah menarik lainnya. Untuk penggemar kretek, Surabaya adalah rumah bagi House of Sampoerna. Ini adalah museum tembakau dan industri rokok yang menyimpan koleksi bersejarah industri rokok di Indonesia. Tak jauh dari sana, Ada pula Rumah Batik Jawa Timur yang menyimpan koleksi batik hingga melebihi 2.000 potong.


 Untuk wisata lain, Surabaya menawarkan beraneka taman kota yang menarik. Taman terbaiknya yang juga menjadi taman terbaik se-Asia Tenggara adalah Taman Bungkul. Taman yang berada di Jalan Raya Darmo ini merupakan pusat hiburan rakyat. Di dalamnya, terdapat arena bermain anak, kolam air mancur, ruang terbuka hijau, amfiteater, arena skateboard, trek jogging, pusat kuliner, bahkan koneksi hotspot internet!

Puas menghibur diri dengan gaya perkotaan, saatnya untuk menyatu dengan alam. Untuk urusan satu ini, Surabaya menawarkan Pantai Kenjeran dan Hutan Mangrove Wonorejo. Pantai Kenjeran selalu ramai di akhir pekan. Tak hanya bermain air, di sini, kita bisa menikmati santapan laut segar dan belanja cenderamata khas Surabaya. Dari pantai ini pula, kita bisa menatap kemegahan Jembatan Suramadu yang mirip dengan Jembatan Golden Gate di Amerika.



Cheers


1 comments:

Post a Comment

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day