Mengenal Balikpapan dari Wisata Kuliner & Belanja

Tuesday, January 3, 2017 7 comments
Holiday More Fun with Food and Shopping

Setiap daerah atau kota pasti memiliki harta tersembunyi tetapi bisa dinikmati. Apakah itu? Tentu saja kuliner, tidak lengkap menikmatin wisata alam tanpa menikmatin wisata kuliner. Apalagi Indonesia kaya akan wisata kuliner daerah, termasuk salah satunya kota Balikpapan.


Berdasarkan survei, makanan yang banyak dimintain wisata domestik maupun asing saat bertandang ke kota Balikpapan adalah makanan sea food alias kepiting. Emm, bagi yang doyan makan kepiting, tidak ada salahnya mencoba kuliner khas kota Balikpapan dengan kelezatan kepiting dari berbagai racikan bumbu yang mengoda.



Selain kepiting, apalagi ya yang mencerminkan wisata kuliner di kota Balikpapan ini? Aha, pisang gapit, makanan manis dengan bumbu yang menggoda selera. Kenapa tidak mencoba menyantap pisang yang dibakar dan diberi vla dari gula merah yang rasanya manis dan menggoda.

Meskipun tidak sempat ke Banjarmasin, tidak ada salahnya lho mencoba soto banjar yang banyak di jual di kota Balikpapan. Soto banjar ini sudah pasti berbeda dengan soto jawa. Karena setiap daerah memiliki cara tersendiri dalam membuat masakan. Meskipun banyak sekali nama masakan soto mulai dari soto jawa, soto medan, nah kalau ke Balikpapan cobalah juga soto banjar.


 Salome Balikpapan. Apalagi itu? Salome, koq namanya tidak familiar ya. Tetapi bagi penghuni kota cinta, sejak kecil paling doyan makan salome. Idih, secara penghuni utama kota cinta ini memang lahir dan besar di kota Balikpapan. Jadi ini adalah jajanan ringan yang biasanya di jual oleh abang-abang yang dipanggul keliling dan suka nongkrong di depan sekolah-sekolah, khususnya sekolah SD dan SMP. Baiklah, untuk menjawab rasa penasaran apa itu salome? Salome adalah jajanan  seperti pentolan bakso hanya saja salome lebih murah dan bahan pembuatannya sedikit berbeda dengan bakso.

Para penikmat salome pun beragam dengan beberapa pilihan bumbu. Mayoritas seh, salome ini ditusuk dalam lidi atau bambu, terus dicelupkan pada saus dan kecap. Kemudian di santap, yummy, jadi kangen masa kecil deh.



Mau mencoba kuliner yang lebih ekstrim lagi neh, Sate Buaya. Idih, makan buaya? Bagaimana rasanya ya? Tetapi jangan kuatir, kita bisa menikmatin sate buaya dengan harga terjangkau tetapi hanya bisa dinikmatin di lokasi penangkaran buaya. Siap menikmatin wisata kuliner yang ada di Balikpapan?

Sebenarnya masih banyak lagi kuliner yang bisa dicoba, tetapi diatas adalah rekomendasi yang patut di coba saat berada di kota Balikpapan, khususnya bubur ayam Balikpapan yang di dekat bioskop lama, rasanya tidak ada yang ngalahin. Enak dan berbeda, pastinya.

Jadi lapar berbicara makanan neh, pengen tahu tempat makanan yang bisa direkomendasikan saat berkunjung ke kota Balikpapan, lihat saja di artikel yummy culinary ya. Karena akan diberikan beberapa tempat makan yang rekomendasi banget untuk disantap atau dijelajahin kekayaan wisata kuliner yang ada di Indonesia, khususnya kota Balikpapan.

Sudah puas menikmatin wisata kuliner, kenapa tidak menyempatkan diri dengan wisata belanja, khususnya souvenir dan oleh-oleh khas Balikpapan. Patut dong, untuk “pembuktian” diri bahwa kita benar-benar menginjakan kaki di kota Balikpapan, jika dana minim, bisa beli kenang-kenangan untuk diri sendiri.


Dimanakah tempat yang pas untuk hunting souvenir dan oleh-oleh makanan ringan khas kota Balikpapan? Temans berada tepat untuk  bertahan membaca artikel disini. Karena, kita akan melanjutkan pembahasan wisata belanja disini, asyik...  I love shopping and hunting souvenir by myself and my special friends and collega.

#Pasar Kebun Sayur
 Kebun Sayur ini hanya nama tempat di kota Balikpapan. Dimana lokasinya  berada dekat kota asal Balikpapan alias kota tuanya. Pasar ini sangat luas dan bersih sehingga nyaman untuk hunting souvenir. 

Sebab, di pasar ini lah kita bisa mencari oleh-oleh khas Kalimantan Timur. Souvenir yang bisa ditemui di Pasar Kebun Sayur ini mulai dari  sarung khas Samarinda, Amplang-makanan khas, Ukira-ukiran dayak, batu-batu Martapura dan juga ada Lampit-tikar rotan, pasak bumi, dan masih banyak lagi.

Jadi, luangkan waktu untuk hunting souvenir sesuai budged, plus jangan lupa untuk menawar dan mencari lokasi tempat yang murah meriah dengan mutu dan kualitas yang sama. Untuk mencapai pasar kebun sayur ini, kita dapat menggunakan Angkutan Kota dengan Nomor 5 berwarna kuning atau Nomor 6 berwarna biru untuk sampai ke pasar kebun sayur ini.

#Kawasan Makanan Ringan Ahmad Yani
Amplang Nusantara, terletak di tengah Kota Balikpapan, warga Balikpapan menyebutnya kawasan Nusantara. Dulu berdiri gedung Bioskop Nusantara di kawasan ini. Secara administrasi kawasan ini masuk dalam Jalan Jenderal Ahmad Yani. Di kawasan ini lebih dominan menjajakan bahan makanan atau cemilan khas Balikpapan.
 


Kawasan ini tidak terkonsentrasi penuh seperti di pasar inpres kebun sayur. Sejumlah warung atau rumah toko yang menjual makanan khas Balikpapan berjarak dengan warung lainnya. Untuk menjangkau kawasan ini, wisatawan dapat menggunakan jasa angkutan kota berwarna  bernomor 3.

#Kawasan Mananan Ringan Stal Kuda
Amplang Stal Kuda adalah kawasan di Jalan Marsma Iswahyudi Kota Balikpapan. Kawasan makanan ringan stal kuda berada depan Balikpapan Super Block (BSB) sampai depan Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Balikpapan. Disini menjual berbagai macam makanan ringan khas Balikpapan, hampir sama dengan kawasan nusantara.


Di sini berderet rumah toko atau warung yang menyediakan makanan dan camilan khas Balikpapan dan Kalimantan Timur seperti amplang dan aneka kue lainnya. Dalam kawasan ini juga terdapat UKM Center, toko yang hanya menjual aneka produk oleh-oleh khas Balikpapan. Untuk menjangkau kawasan ini bisa menggunakan angkot  nomor 8 berwarna hijau tua. Angkutan kota ini juga hanya bisa dijangkau dari terminal Balikpapan Permai.


Note: Amplang adalah makanan khas Balikpapan yang serupa kerupuk yang terbuat dari ikan. Bentuk amplang seperti kerupuk. Ikan pipih adalah bahan utama pembuatan amplang. Ikan pipih sendiri merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang dulu banyak terdapat diperairan Kalimantan. Bentuknya bermacam-macam, ada yang bulat memanjang seperti jari, ada juga yang menyerupai kuku macan.


Baiklah, makanan khas Balikpapan beragam mulai dari amplang, gabin dan masih banyak hal lainnya yang serupa tetapi berbeda. Silahkan menikmatin dan mencari sesuai keinginan dan selera. Pasalnya, ini hanya sebatas rekomendasi berdasarkan pengalaman saat berkunjung ke Balikpapan, tidak pernah lupa selalu membawa amplang dan biskuit gabin rasa susu, emmmm yummy. Jadi ngences lagi neh. Sedangkan souvenir, aku lebih dominan membelikan yang terbuat dari manik-manik, meskipun berat tetapi sangat indah dan aku masih punya satu yang kusimpan hingga saat ini. Dompet manik-manik untuk duit receh atau dokumen seperti passport, unik dan ciri khas dayak, alias Kalimantan Timur.

Salam dengan rasa lapar setelah menulis makanan khas kota Balikpapan.

Cheers
 


Citra Padiangan

http://www.kotacinta.com/2017/01/shopping-time-when-holiday-at-balikpapan.html


#Quotes: Berani mencoba yang berbeda, menikmatin rempah bumbu masakan dan rasakan kenikmatan tiada tara. Dari mata, turun ke perut dan rasakan cinta keragaman kuliner Indonesia. @citrapandiangan

#Quotes: Keragaman kerajinantangan memperkaya budaya yang ada di Indonesia, dayak dengan ciri khas manik-manik yang dibentuk beragam fungsi menambah keindahan kerajinan tangan yang patut dibanggakan. @citrapandiangan



7 comments:

  • Wahyu Widyaningrum said...

    Kapan ya bisa ke balikpapan?
    kalo kepiting sih sering masak Mbak, yg lain2 masih terasa asing hehehe.
    SOuvenir yg kusuka gelang kalung, yg unik. Dulu aku sempet koleksi, tapi udah kukasih semua ke keponakan2ku. Kalo lihat2 ke tempat wisata, jadi pingin lagi koleksi gelang kalung antik dan lucu

Post a Comment

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day