Hijaunya Kebun Bintang Ragunan Jakarta

Friday, November 11, 2016 6 comments

Jakarta Zoo di Ragunan

Ayo Penduduk Kota Cinta (DuKoCin) ada yang sudah pernah ke kebun binatang? Dulu, Keluarga Kota Cinta (LuKoCin) sejak kecil tidak pernah ke kebun binatang. Sungguh kasihan ya, tetapi LuKoCin hanya melihat buaya saja waktu di Balikpapan, tepatnya di penangkaran buaya. Sedih banget kan? Soalnya di Balikpapan tidak ada Kebun Binatang, jadi maklum saja saat bertandang ke Jakarta dua tahun lalu, LuKoCin sampai dua-tiga kali lho ke kebun binatang di Jakarta. Ada yang tau tidak namanya apa? Benar sekali, Ragunan.
 
Kebun binatang ragunan ini seluas 146 hektar dan kabarnya dihuni lebih dari 200 satwa. Tetapi waktu LuKoCin dan teman-teman bertandang ke bonbin satu ini, rata-rata yang bisa dilihat hanya gajah, kijang, burung, ular, dan monyet. Padahal, LuKoCin penasaran ingin lihat beruang, harimau, dan lainnya tetapi tidak pernah berhasil menemukannya. Mereka pada sembunyi dimana ya? Padahal, sudah mengikuti petunjuk tetap saja tidak pernah bertemu hihihi. Mungkin dikarenakan tempatnya yang luas hingga mencapai 146 Ha kali ya, jadi saat memilih jalan kaki jadinya tidak pernah berjumpa dan akhirnya menikmati nuansa hijau dari pepohonan, sejuk dan segar. Karena itu, kalau datang tidak disaat weekend alias akhir pekan, bakalan ada tuh pasangan yang berpacaran di tempat-tempat pojokan dibawah pohon xixixixi. Ups.


Kalau akhir pekan, lebih banyak pengunjungnya dibanding satwa-satwa yang ada di kebun bintang. Berdasarkan pengalaman LuKoCin saat berkunjung kedua kalinya saat akhir pekan, jadi tidak bisa melihat gajah dengan bebas. Soalnya, banyak sekali pengunjungnya. Hal itu tidak heran bagi LuKoCin sebab harga tiket murah menjadi pilihan warga Jakarta untuk menghabiskan akhir pekan di kebun binatang Ragunan ini.

Apalagi pohon-pohon besar yang rindang menjadi daya tarik  untuk berpiknik. Soalnya, Jakarta itu kan macet, polusinya banyak. Sehingga warna hijau dari pepohonan sangat bermanfaat untuk menghilangkan kejenuhan dari gedung pencakar langit.  Oh ya, DuKoCin sudah tahu belum, Taman Margasatwa Ragunan ini didirikan tahun 1864 dengan sebuah hutan tropis yang benar-benar fresh dan adem banget saat memasukin Ragunan ini. Jauh dari namanya macet. Jadi, ini merupakan salah satu alternative yang disukai warga Jakarta yang memiliki kantong tipis, kalau kantong tebal pasti mereka memilih ke Dunia Fantasi kawasan Ancol.


Apa saja yang bisa dilakukan di Kebun Binatang Ragunan ini?
Ada beberapa  kegiatan dan pertunjukan yang bisa dilihat dan dinikmati pengunjung saat berada di Kebun Binatang Ragunan. Seperti atraksi yang dilakukan pada akhir pekan dan hari libur besar lainnya.  Diantaranya pertunjukan atau atraksi di Ragunan yakni 
  • #Atraksi Ular
  •  #Berfoto dengan Jerapah  
  •  #Gajah Tunggang
  •  #Kuda Tunggang
  • #Unta Tunggang
  • #Dan masih banyak lainnya.

Penasaran tidak DuKoCin untuk menikmati liburan di Kebun Binatang Ragunan Jakarta? Datang saja dan nikmatin wisata hutan dan binatang sambil mempererat hubungan silahturahmi dengan keluarga. Karena sambil berjalan-jalan menikmati hijaunya perpohonan yang rindang, bisa sambil bercakap-cakap dengan kakak, adik, papa, mama atau sahabat. Idih, pasti sempat berpikiran dikit nakal ya? Karena beranggapan silahturahmi dengan “keluarga” alias penghuni bonbin. Idih, LuKoCin ini sangat baik lho, bukan tetangga LuKoCin yang suka iseng heheh.


Kalau ingin menikmati kebun binatang seluas itu seakan milik sendiri. Jangan datang di akhir pekan. Datang saja di weekdays (hari-gari biasa) dijamin. Bakalan tersesat karena tidak banyak pengunjung tetapi puas dan nyaman. Bagi yang tidak suka berinteraksi dengan orang. Pasti dong ada bedanya datang di hari biasa dengan weekend. Kalau hari biasa, tidak bisa ikut menikmati naik gajah, kuda dan sebagainya karena pertunjukan itu hanya ada di saat akhir pekan dan libur besar saja. Walaupun tidak gratis naik gajah dan kuda, harganya masuk akal koq.


LuKoCin pernah naik gajah sama mantan hehehe, seru banget tetapi bukan di kebun binatang Ragunan. Melainkan di Taman Safari. Nah, kapan-kapan deh diceritakan pengalaman seru naik gajah, eh maksudnya saat berada di taman safari, puncak Bogor. Seru banget. Salam berpetualang sambil menikmati rindangnya perpohonan dan kicauan burung, serta menikmati hunting binatang yang hendak dilihat. Seru lho...

Salam  cinta pertualangan, LuKoCin
 


Citra Pandiangan


http://www.kotacinta.com/2016/11/ragunan-zoo-jakarta-so-green.html


6 comments:

Post a Comment

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day