Mengenal Balikpapan dari Wisata Pantai

Tuesday, October 25, 2016 4 comments
Wisata Pantai Balikpapan yang Menggoda

Liburan adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan, apalagi jika memiliki anggaran untuk keliling Indonesia bahkan dunia. Kali ini, kota cinta ingin berbagi tempat liburan yang patut dikunjungin saat bertandang ke kota Balikpapan. Adventure di kota minyak tidak selamanya “melihat” tangki minyak yang berpuluh-puluh di beberapa lokasi.

Mengenal kota Balikpapan dari tempat wisatanya, tentunya sangat mengasyikan. Apalagi melihat secara langsung, menjadi pengalaman adventure yang tidak terlupakan. Ini dia, beberapa spot wisata yang bisa dinikmatin selama liburan di kota Balikpapan. Selamat membaca di kota cinta.

#Wisata Pantai
Pantai adalah pemandangan yang sangat indah dan menyenangkan. Melihat birunya laut yang menyatu dengan birunya langit, seperti tanpa batas dan menenangkan jiwa yang letih. Kembali segar dengan deburan ombak dan dingin serta asinnya air laut yang menyentuh kaki. Butir-butiran pasir pantai yang memiliki beragam perbedaan. Di kota Balikpapan ada beberapa lokasi untuk menikmatin wisata pantai yakni:

1. Pantai Manggar
Pantai manggar adalah pantai terfavorit warga kota Balipapan. Pantai Manggar ini berada 9 km ke arah Timur bila melalui Bandara Sepinggan atau 22 km dari pusat kota Balikpapan. Lokasi Pantai Manggar ini memiliki luar sekitar 13.000 meter persegi, karena itu lokasi ini menjadi kebanggaan warga kota Balikpapan untuk rekreasi bersama keluarga.

Sebenarnya, pantai manggar itu bernama Pantai Manggar Segarasari tetapi disingkat menjadi pantai manggar. Lokasi pantai ini berada di Kelurahan Manggar dan Teritip, Balikpapan, Kalimantan Timur. Namanya pantai, pasti air lautnya berwarna biru dan hamparan pasir putih. Sedangkan ombak di pantai ini tidak terlalu besar. Sehingga cocok untuk dijadikan tempat berenang bersama keluarga.

Lokasi pesisir pantai manggar ini banyak ditumbuhin perpohonan, seperti pohon pinus. Sehingga sangat teduh untuk menggelar tikar bersama keluarga. Sambil menikmatin pemandangan dan menyantap bekal yang dibawa dari rumah. Sedangkan pendatang, juga bisa bersantai di pondok-pondok dan membeli makanan yang dijual di lokasi wisata pantai manggar.

Fasilitas penyewaan pun bertambah, tidak hanya ban untuk berenang. Sekarang juga sudah ada layang-layang, jet sky, banana boat dan masih banyak lagi. Sehingga liburan di pantai manggar akan terkesan dan menyenangkan. Baik liburan sendirian maupun berkelompok.

How to get there: Menyewa mobil atau menggunakan transportasi umum, nomor 7. Dari Terminal BP, cari angkot nomor 7 dan minta diturunkan di pantai manggar. Harga tiket masuk Rp5.000,-

Note: Pintu masuk pantai terletak di depan markas "YONIF/600 RAIDER". Pantai ini terletak sekitar 500 meter dari jalan raya dan dapat ditempuh dengan jalan kaki atau naik ojek.

2. Pantai Lamaru
Pantai Lamaru berjarak tidak jauh dari Pantai manggar. Pantai ini juga merupakan tempat wisata pantai yang ada di kota Balikpapan. Sama seperti tetangganya, pantai ini sangat bersahabat bagi yang ingin menikmatin liburan di pesisir pantai. Kondisi pasir pantai Lamaru ini landai dan tidak banyak terumbu karang. Meskipun saat air laut surut, kita tetap bisa berjalan di pasir pantai yang menjorok lagi ke laut. Bentangan pasir pantai Lamaru sangat luas yakni 2 kilometer membentang pasir pantai yang indah dan dapat dijadikan arena bermain.

Di dekat pantai juga terdapat rimbunnya pepohonan yang dibawahnya biasanya dimanfaatkan oleh penjual untuk menyediakan tempat beristirahat. Hal yang berbeda di pantai Lamaru ini adalah  adanya perahu yang di kayuh seperti sepeda dan menjadi sarana bermain di air. Hal ini tidak lepas dari kecilnya ombak pantai dan tenangnya perairan sekitar Pantai Lamaru.

How to get there: Menyewa mobil atau menggunakan transportasi umum, nomor 7. Dari Terminal BP, cari angkot nomor 7 dan minta diturunkan di pantai manggar. Harga tiket masuk Rp10.000,-

Note: Beritahu sopir kalau tujuan adalah Pantai Lamaru. Setelah turun, gerbang menuju pantai ada di sebelah kanan jalan. Dari sana kita masih harus berjalan sekitar 500 meter untuk mencapai lokasi pantai lamaru.

3. Pantai Kemala
Tempat wisata pantai Kemala ini terletak di jalan Jendral Soedirman yang merupakan salah satu pusat kota Balikapapan. Pantai ini agak unik, karena dikelola oleh Polda Balikpapan. Plus  Pantai Kemala merupakan pantai dengan nuansa perkotaan. Sebab, Pantai Kemala ini letaknya di belakang gedung perkantoran di sepanjang jalan Jendral Soedirman.

Walaupun demikian, pasir pantai kemala ini berwarna putih dan bersih. Serta banyak cottege yang menyewakan tempat beristirahat dan tempat bersantai dengan harga yang terjangkau. Pantai Kemala juga menawarkan sarana bermain air seperti sky, banana boat dan flying fox.

Selain menyuguhkan panorama pantai yang sangat indah, di kawasan tempat wisata Pantai Kemala juga memiliki berbagai macam restoran yang menyuguhkan beragam makanan, sembari menikmati pemandangan di Pantai Kemala. Bahkan, air laut di Pantai Kemala ini sangat aman untuk keselamatan, karena ombak pantai kemala ini sangat baik dan bersahabat.

How to get there: Menyewa mobil atau menggunakan transportasi umum,  angkutan kota no 6 yang warna biru gelap. Dari Terminal Damai dan turun di  Pantai Polda. Jarak tempuh dari terminal ke pantai Kemala berkisar sekitar 20 menit. Harga tiket masuk ke pantai kemala Rp.5.000,- per kepala. 

4. Pantai Melawai
 Pantai Melawai, lokasinya berada tidak jauh dari Pantai Kemala. Meskipun lokasi kedua tempat wisata ini tidak jauh, namun suasananya sangat berbeda. Jika Pantai Kemala terkesan mewah dengan resto modern berjejer di tepiannya. sementara di pantai melawai, kita bisa menikmati kuliner dengan harga yang sangat terjangkau.

Pantai melawai ini sangat cocok untuk menikmatin sore hari dan melihat sunset. Ada banyak penjual makanan di sekitar pantai, menu yang ditawarkan beragam mulai dari bakso, pecel lele, es kelapa dan masih banyak lagi makanan khas lokal. Lokasi ini banyak digunakan untuk masyarakat setempat untuk menikmatin waktu sore hari, sebab pantai ini berada di sepanjang jalan Sudirman.  Dari pantai ini pengunjung juga dapat melihat dua pulau kecil lain yang disebut Pulau Babi dan Pulau Tukung. Pulau Babi dapat dikunjungi saat air surut dan warga lokal biasanya memancing di dekat pulau ini.

How to get there: Menyewa mobil atau menggunakan transportasi umum,  angkutan kota no 6 yang warna biru gelap atau angkot nomor 3. Dari Terminal Damai dan turun di  Pantai Melawai. Tiket masuk: GRATIS.

Silahkan berkunjung lagi minggu depan untuk membahas tahap kedua, yakni wisata hutan di kota Balikpapan. Pantai adalah tempat dimana, aku dan kamu bisa menikmatin waktu kebersamaan, melihat keindahan gambaran tangan sang pencipta, menyengarkan jiwa yang letih dan mengembalikan makna kehidupan.

Salam hangat dan penuh cinta
 


 Citra Pandiangan

http://www.kotacinta.com/2016/10/holiday-to-balikpapan-in-beaches-time.html


#Quotes: Pertualangan adalah menikmatin kehidupan, dari hal kecil dan bersyukur bahwa nafas masih ada untuk menikmatin hamparan pasir dan deburan ombak ditengah kesibukan aktivitas dunia. @citrapandiangan


4 comments:

  • Citra Pandiangan said...

    @ mbak Ety
    benar banget mba, pantainya bersih dan juga kotanya rapi, sejauh mata memandang dan mengingat. bahkan sekarang perkembangannya sangat pesat dan masih menggoda untuk ditelusuri

Post a Comment

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day