Manfaat Pelukan Bagi Kita

Friday, October 28, 2016 2 comments
Pelukan Memberi Kita Kekuatan


Biasakan memeluk! Lho koq gitu ya? Dukocin (Penduduk Kota Cinta) pasti bingung saat membaca kalimat pertama. Tenang, kali ini kita akan membahas mengenai manfaat pelukan bagi aku, kamu dan mereka. Kalau, kita melihat orang barat, eropa, mereka terbiasa sekali dengan memeluk. Sedangkan bagi kita, orang Indonesia, kita merasa agak aneh dan bahkan risih. Hal itu memang karena kebudayaan kita dengan mereka sangat berbeda.

Bahkan, di beberapa negara membuat jasa pelukan. Wow, keren banget ya! Kenapa begitu penting memeluk satu dengan yang lain? Tapi, kalau dipikir-pikir kembali, saat merasa sedih dan kecewa, saat mama memeluk kita, terasa aman dan damai.

Memeluk, orang yang kita cintai akan membuat kita merasa sukacita dan bahagia. Karena dengan pelukan, kita bisa menyampaikan banyak hal tanpa perlu berkata-kata. Apabila dilakukan dengan tulus. Sebab,  kita bisa menyampaikan kasih dan sukacita untuk orang  dengan cara yang tidak pernah dapat dijelaskan melalui kata-kata kita sendiri. Tidak perlu membohongi diri sendiri, kita merasa semua beban kita ringan ketika sedang berada dalam pelukan, rasa kuatir tergantikan dengan perasaan kebahagiaan dan kepercayaan.

Apakah Dukocin tahu mengapa hal ini terjadi sementara kita memeluk satu sama lain? Pernahkah, Dukocin bertanya-tanya apa yang terjadi pada diri kita sendiri, ketika kita memeluk seseorang? Dukocin mau tahu manfaat pelukan bagi kita?


Mengurangi Rasa Kuatir

Lukocin baru tahu saat membaca jurnal  Psychological Science  bahwa memeluk dapat mengurangi rasa kuatir akan kematian. Bahkan neh, studi juga menemukan memeluk benda mati seperti boneka or guling yang empuk. Bisa menenangkan kekuatiran kita secara individu. Coba bayangkan, bagaimana jika memeluk orang yang kita kasihi atau cintai. Hal itu bisa membuat otak kita melepaskan serotonin, dopamin, dan endorfin, yang mana memicu perasaan bahagia dan sukacita.

Sehingga tidak heran dengan berpelukan, bisa mengurangi  kadar hormon stres, dengan mengubah persepsi otak, dan dengan membangkitkan emosi positif.  Jangan khawatir, memeluk dan hidup lama!




 Menambah Rasa Percaya Diri (PD)
Tahu tidak, pelukan bisa membuat kita menjadi percaya diri dan ramah. Karena dengan pelukan membantu memperkuat ikatan kita dan dapat membuka gerbang dan  kedalaman pikiran kita. Hal ini dapat membantu dalam membangun rasa percaya antara orang-orang dan dapat membuat kita membuka hati kita masing-masing. Pelukan dapat menyebabkan perubahan besar dalam diri kita.  


Melemaskan Tubuh  
Ternyata dengan memeluk menyebabkan otot-otot kita untuk bersantai, melepaskan ketegangan dalam tubuh. Memeluk dan dipeluk seseorang benar-benar menimbulkan rasa peduli dan relax.

Meredakan Rasa Sakit  
Memeluk melepaskan endorfin yang membuat rasa sakit berkurang dengan  memblokir jalur nyeri. Karena itu saat seorang teman sakit, keluarga atau pasangan. Berikan pelukan karena membuat mereka semakin kuat dan meredakan sakit.




Meningkatkan Empati dan Pengertian
Baru tahu, dengan pelukan bisa menimbulkan rasa berempati dengan orang lain. Serta membangun kepercayaan antara orang dengan cara berbeda. Tanpa mengucapkan kata-kata.  Peluk seseorang jika ingin memberikan support dan membuka hati untuk meeka.


 Meredakan Depresi  
Jika melihat keluarga atau orang terkasih sedang mengalami depresi. Redakan depresi dengan pelukan hangat. Karena memeluk dapat  meningkatkan produksi dopamin dalam otak kita. Jadipelukan itu sangat berarti, apabila kita melihat orang, teman sedang depresi. Berikan pelukan sehingga memberikan mereka semangat dan meredakan depresi.

Mengangkat Suasana Hati
Memeluk dapat meningkatkan produksi serotonin dari otak yang meningkatkan suasana hati. Dan dapat meningkatkan harga diri kita. Seseorang mengalami depresi dan kesepian ketika tingkat serotonin mereka rendah. Dengan memeluk menyebabkan otak untuk melepaskan serotonin dan endorphin ke pembuluh darah untuk membuat kesenangan dan meniadakan kesedihan. Memeluk juga menghasilkan peningkatan kinerja di tempat kerja dan di sekolah. Jadi, jangan beri amarah saat pasangan sedang sedih tetapi pelukan saja.

 Meredakan Stress  
Memeluk meredakan stres dengan mengurangi tingkat sirkulasi kortisol (hormon stres) dalam darah. Hal ini menyebabkan pikiran untuk tenang. Hal ini membantu dalam menurunkan kortisol yang disebabkan hiperglikemia dan diabetes mellitus. Saat suami atau istri  baru pulang kerja, sambut dengan pelukan hangat.

 
Salam Penuh Cinta dan Kebahagiaan


http://www.kotacinta.com/2016/10/hug-is-simple-but-has-big-value-for-alive.html



2 comments:

  • Citra Pandiangan said...

    bener banget mba Wahyu, jadi ingat film anak2 teletabis, berpelukan...... sebenarnya mudah mba, biasakan anak untuk berinteraksi dengan pelukan. asal jangan meluknya di depan teman-temannya pasti mereka malu karena merasa sudah gede. karena budaya kita memang jarang mengungkapkan kasih sayang dengan pelukan.

Post a Comment

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day