Bintan Diantara Wisata Populer Indonesia

Thursday, October 6, 2016 5 comments
Mengenal Bintan Diantara Pantai dan Kuliner

Keindahan alam di salah satu lokasi di Lagoon, Pulau Bintan, Model: Ms. Ica 
Jatuh cintalah pada negerimu dan nikmati setiap keindahan dan perbedaan yang ada di Indonesia. Karena Indonesia memang kaya, tidak hanya sumber daya alamnya saja. Tetapi juga budaya dan pastinya kuliner. Perbedaan dan beraneka ragam menciptakan daya tarik tersendiri bagi  wisatawan. Setiap daerah di Indonesia  berpontesi untuk dijadikan obyek wisata, namun tidak semua daerah mendapat kesempatan untuk  wisatanya dikenal masyarakat.

Ini adalah tugas kita lho Dukocin (Penduduk Kota Cinta), khususnya bagi yang suka sekali traveling di Indonesia. Dukocin bisa mengenalkan kekayaan di Indonesia untuk masyarakat luas. Caranya mudah dengan menuliskan kisah perjalanan Dukocin dan mengabadikan melalui foto. Tidak perlu menjadi profesional seperti jurnalis atau pakar blogger untuk bisa menulis di blog. Meski bukan blogger, Dukocin bisa menulis di blog bukan? Ceritakan pengalaman Dukocin saat menikmati keindahan, keunikan, daerah yang dikunjungi.

Ada satu daerah, pulau yang tidak sepopuler Pulau Bali atau Kota Bandung dalam wisatanya yakni Pulau Bintan. Padahal di pulau ini terdapat penginapan di Bintan yang berbintang empat, yaitu Bintan Lagoon Resort, berlokasi di Lagoi Bintan Utara, Kepulauan Riau, dekat dengan Pantai Tiongkok.
salah satu spot di Bintan Lagoon Resort. sp: jbabiesinthedaisies.com

Bisa Dukocin bayangkan, menginap di resort dengan berbagai fasilitas. Apalagi jarak pantainya sangat dekat. Pemandangan pantainya sangat indah dan tidak perlu di ragukan lagi. Bahkan, pantai di Bintan tidak kalah keindahannya dengan pantai Bali. Bisa dikatakan pasirnya lebih bersih, suasana lebih tenang. Sehingga Dukocin bisa berjemur sambil menikmati panorama dan udara pantai.

Tidak lengkap liburan tanpa icip, icip. Yups, traveling tidak lengkap tanpa menikmatin kuliner khas daerah yang dikunjungi. Penasaran kah dengan kuliner apa yang bisa ditemukan di Pulau Bintan? Apakah kuliner ini sangat unik dan jarang ditemukan di daerah lain? Tentunya, perbedaan kuliner tiap daerah menjadi daya tarik tersediri.  Kira-kira seperti apa ya, kuliner khasnya?  Dari pada penasaran terus, Let’s check this out, saat Dukocin  mulai melakukan perjalanan mencari kuliner di Bintan. Jangan lupa, siapkan kamera untuk mendokumentasikannya, ya.... 

=> Lakse
Lakse Khas Bintan, salah satu kuliner wajib coba, sp: allaboutkepri.blogspot.co.id

Dukocin pasti bertanya-tanya, nama kuliner ini juga bisa dijumpai di Pulau Jawa, tepatnya di bagian Kota Bogor. Eh, masih ada yang belum tahu? Itu, tuh Laksa yang cara buatnya diguyur kuah berkali-kali dan dibuang berkali-kali juga. Ternyata  Lakse Bintan nyaris sama dengan Laksa! Hanya saja Lakse di sini diberi suwiran ikan laut yang gurih banget. Sehingga ada perbedaan citra rasa, sama tapi tak serupa. Tidak percaya? Coba saja bandingkan perbedaan Laksa Bogor dan Lakse Bintan. 

Mau tahu, tempat berburu lakse yang lezat ini dimana? Lokasi yang terkenal untuk menikmatin gurihya Lakse Bintan ini berada di Jalan  Basuki Rahmat. Di sini Laksenya sudah terkenal di kalangan wisatawan. Let’s see other culinary, tapi Lukocin (Keluarga Kocin) kasih bocoran dikit ya,  jangan kaget kalau semua kuliner Bintan rata-rata memiliki citra rasa khas laut.  Sebab, Bintan memang terkenal dengan perikanannya. Sehingga tidak heran, jika banyak makanan laut yang diolah. Sehingga Bintan menjadi surga kuliner bagi penggemar makanan seafood. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang berburu kuliner di Bintan, tetapi negara tetangga Singapura.  

=> Nasi Dagang
Dukocin heran, kenapa namanya aneh banget! Nasi Dagang? Walaupun namanya unik tapi jangan salah lho, kuliner ini juga masuk dalam daftar yang banyak dicari wisatawan. Penasaran ya, pengen coba? Yuk, segera datang ke Bintan dan cicipi nasi dagang ini. Biar nggak baper, nasi dagang khas bintan itu ternyata oh ternyata mirip seperti Nasi Uduk. Tapi, bedanya, nasi dagang ini disiram kuah kari ikan tongkol, jadi rasanya tetap ada khas lautnya. Lokasi terlezat untuk mencicipi Nasi Dagang masih berada di Jalan  Basuki Rahmat.

=> Asam Pedas Melayu
Tidak lengkap rasanya, jika berkunjung ke Kepulauan Riau tanpa mencoba kuliner Asam Pedas Melayu. Karena kuliner ini merupakan kuliner warisan khas Melayu. Sudah dipastikan bahan utamanya ikan yang diolah mirip gulai. Ikan yang biasa digunakan untuk menu satu ini tidak lain  patin atau ikan tongkol. Rasanya paduan gurih, asam dan pedas yang meresap sampai ke daging ikan. Emm sangat lezat disantap bersama nasi hangat. Cocok untuk makan siang di tepi pantai.

=>  Otak-Otak Tulang
otak-otak kuliner bintan yang patut dicoba lho, sp: batam.tribunnews.com

Kira-kira seperti apa ya imajinasi Dukocin ketika mendengar nama kuliner otak-otak tulang? Lukocin jadi penasaran deh. Pasti, Dukocin  sering mencicipi otak-otak bukan? Kalau Otak-Otak Tulang? Baru dengar? Kalau otak-otak yang biasa kita makan sudah pasti bahan dasarnya ikan. Karena ikan bisa ditemukan dimana saja, tetapi kalau otak-otak tulang ini memang memiliki cita rasa yang khas banget. Sebab, rahasianya adalah otak-otak Bintan diolah dengan campuran tulang ikan. Bagaimana rasanya? Sudah bisa dipastikan so gurih, benar-benar citra rasa ikan. Untuk mencoba otak-otak tulang ini segera ke  Kawasan Sei Enam karena lokasi ini tempat yang tepat berburu Otak-Otak Tulang paling lezat di Bintan.

=> Gonggong
Gonggong, jangan bilang sudah ke bintan sebelum cicip satu ini, sp: angkasapura2.co.id

unik banget, Gonggong. Ternyata ini kuliner khas laut sejenis siput. Kalau melihat wujudnya pasti Dukocin pasti teringat dengan pajangan yang dibuat dari rumah siput. Orang Kepri menyebutnya Gonggong. Soal rasa? Katanya lezat sehingga wisatawan wajib mencobanya. Sementara soal khasiat? Ehmmm, buat Dukocin pria, kuliner ini jadi angat special. Sebab dalam   kandungan zink yang tinggi dalam Gonggong menambah vitalitas kaum pria.

=> Kopi Hawaii
Hawaii kopi khas Bintan, hitam pekat rasa manis, sp: travel.kompas.com

Sudah puas belum, mencoba berbagai kuliner khas Bintan. Tapi, kurang sempurna jika tidak  berburu minumannya. Jika Dukocin coffe lovers, wajib mencoba Kopi Hawaii di Bintan. Kopi hitam pekat ini memiliki citra rasa khas yang sulit untuk digambarkan, kecuali Dukocin mencoba langsung. Banyak penjabat di sana yang merupakan penikmat Kopi Hawaii yang legendaris. Untuk ke Kedai Kopi Hawaii bisa meluncur ke Jalan Pasar Bedikari. Selamat menikmati secangkir Kopi Hawaii.

Bagaimana, sudah puas berburu kuliner khas Bintan? Kalau belum puas, Dukocin bisa berburu lebih banyak lagi. Temukan Roti Jala yang terkenal dari Arab,  ternyata Bintan memiliki Roti Jala yang terkenal lezat. Ada lagi Lendot atau Sempolet, Mie Tarempa, Sotong Masak Hitam. Duh, kalau diulas semua akan jadi tulisan yang panjang. Sebaiknya Dukocin berburu langsung dengan membuat agenda liburan ke Bintan yuk. Menikmati wisata kuliner dan lautnya yang damai.

Selamat Berlibur dan Menikmatin dengan penuh sukacita.


Citra Pandiangan



5 comments:

  • Citra Pandiangan said...

    Sebenarnya seh mbak Levina, Liburan di Pulau Bintan itu tidak mahal, tetapi yang mahal adalah daerah wisata khusus yang bernama lagoi, tetapi sepadan seh. Jika melihat wisata yang ditawarkan di Lagoi, seperti sedang berlibur ke luar negeri hehehe. Hotel yang nyaman, pantai yang indah. Bukan berarti setiap area di Pulau Bintan mahal :) sama seperti kalau kita berlibur ke Bali, kawasan nusa dua Bali sudah dipastikan harga semalam rata-rata diatas jutaan hehehe... Just simple way to enjoy every part without spend a lot of money mbak. Kalau berkunjung ke Bintan, kabar-kabari saja hihi

Post a Comment

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day