Nikmatnya Pisang Gapit di Kebun Sayur

Monday, September 5, 2016 0 comments

Tidak Sempurna Liburan Tanpa Kuliner
 
 Saat hunting souvenir khas Kalimantan Timur, kenapa tidak menyempatkan diri menikmatin makanan khas kota Balikpapan yakni pisang gapit. Tempat terkenal untuk mencoba kuliner makanan ringan ini berada di kebun sayur.

Seperti namanya, pisang gapit, otomatis makanan ini bukanlah makanan kelas berat. Alias makanan ringan. Lokasi tempat makan pisang gapit ini berada di wilayah Kebun Sayur dan terletak disamping supermarket Giant. Tempatnya kecil tapi ramainya luar biasa! Karena warung ini memang terkenal dengan pisang gapitnya.

Pisang gapit ini dibuat dari pisang yang agak kenyal dan kemudian dibakar, lalu digunting kecil-kecil. Setelah itu pisang disiram dengan saus kental atau vla khusus yang dibuat dari santan dan gula merah. Biasanya, ditambah dengan potongan kecil nangka yang membuatnya makin sedap di santap. Harganya berkisar Rp 8.000,- per porsi.

Bagi Penduduk KoCin yang berada di kota Tanjungpinang dan ingin mencoba pisang gapit dengan kekhasan kota Balikpapan. Tidak perlu jauh-jauh datang ke Balikpapan. Sebab, di Warkop Semut Item juga memodifikasi pisang gapit khas Balikpapan ini menjadi pisang bakar gapit. Dimana satu porsi dihargai Rp10.000,- Pisang yang dipanggang dan kemudian di potong-potong. Lalu di siram vla khas pisang gapit kota Balikpapan dan ditaburin parutan keju diatasnya. Rasanya, yummy.
Lokasi pisang bakar gapit ini berada di KM 9, RUKO Bincen di depan TK Juwita Kota Tanjungpinang. Selain pisang bakar gapit juga tersedia minuman khas kopi warkop semut item dan ice cream home made yang nan lezat dan sehat tanpa pengawet. Jadi tunggu, apalagi mari warga kota Tanjungpinang dan juga wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menikmatin kuliner anak muda dengan wifi kenceng di warkop semut item.

 Note: Pisang gapit adalah pisang yang dijepit. Gapit dalam bahasa kalimantan adalah di jepit alias dibuat gepeng.

#Jelajah waktu
source: commons.wikipedia.org
Sejak kecil, Keluarga KoCin sangat gemar menyantap pisang gapit. Meskipun waktu kecil, tidak perlu ke kebun sayur untuk bisa menikmatin kuliner ini. Soalnya, di dekat Sekolah Dasarku dulu, ada yang menjual pisang gapit murah meriah. Pisang yang dibakar, lalu digepeng dan kemudian di potong-potong. Lalu di beri vlanya, kemudian di santap saat masih hangat. Rasanya mak yoss. Uenak tenan. ini merupakan salah satu kuliner masa kecil yang tetap kuinginkan hingga saat ini.

Sekarang, Keluarga KoCin tidak perlu ke Balikpapan untuk menyantap hidangan ini. Karena Keluarga KoCin bisa membelinya di warkop semut item di Tanjungpinang, “rumah keduaku” setelah orangtuaku merantau di Kepulauan Riau ini.

Rasa manisnya pisang memang sangat sempurna dipadukan dengan rasa gurih dan manisnya vla. Siapa coba yang tahan godaan menyantap makanan ringan dan tidak membuat gemuk serta menyehatkan tubuh. Karena kandungan dari buah pisang dan juga gula merah yang tidak berbahaya dibanding dengan gula putih. Mau mencoba juga? Yuk, sama-sama menjelajah rasa dengan modifikasi baru.

Salam  

http://www.kotacinta.com/2016/09/nikmatnya-pisang-gapit-di-  kebun-sayur.html

0 comments:

Post a Comment

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day