7 Kuliner Balikpapan yang Patut Dikunjungin

Friday, September 30, 2016 8 comments
Tempat Makan di Kota Balikpapan 
 

Ingin menikmatin Kuliner Balikpapan, kemanakah hendak mencoba kuliner yang ada di kota Balikpapan selama berlibur atau dinas di kota ini? Disini, ada beberapa rekomendasi yang banyak direkomendasikan pecinta kuliner setelah bertandang di kota Balikpapan.

#Kepiting Dandito

Kelezatan Kepiting Donito yang menggoda pecinta seafood
Kepiting Dandito adalah salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi pendatang dari luar kota balikpapan. Karena cara memasak kepiting di tempat makan ini memiliki ciri khas yang berbeda dan mengoda tentunya. Sudah pasti makanan yang disajikan di sini adalah serba kepiting untuk menu spesialnya dengan berbagai macam saos spesial Dandito dan kepiting rasa saos lada hitam yang terkenal, seperti kepiting soka, sop kepiting, sop asparagus, kepiting saos tiram, goreng mentega, rebus masak tim, udah gala/ mahakam, cumi-cumi dan ikan goreng/ bakar.

Tidak hanya kepiting saja, tetapi juga ada pilihan sayur yang disajikan yakni cah kangkung, cah sawi, cah taoge, cap cay dan cah taoge ikan asin. Lokasi ini berada di  Jl. Marsma Iswahyudi No. 71 Gunung Bakaran Balikpapan. Bahkan restoran Kepiting Dandito ini juga tidak jauh dari Bandara Sepingan Balikpapan dan juga tidak jauh dari restoran Kepiting Kenari.

#Resto Kenari

perpaduan rasa unik kepiting di Resto Kenari
Masih ingin menikmatin seafood, nah Resto Kennari ini juga menyajikan hidangan seafood. Dimana menu andalan di resto kenari ini adalah  kepiting lada hitam. Bagaimanakah rasa dari kepiting lada hitam ini? Rasanya manis dengan perpaduan saos dan lada hitam. Jadi, bagi pecinta kepiting jangan lewatkan untuk menikmatin sensasi seafood di berbagai restauran yang ada di Balikpapan.  


 # Depot Simpang Empat

Kelezatan Kue mantau yang cocok dijadikan oleh-oleh
Sesuai dengan namanya, sudah pasti depot simpang empat ini berada di ujung perempatan kawasan Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan. Keuntungannya, sudah pasti depot ini sangat mudah ditemukan dan selalu ramai dikunjungi pecinta kuliner. Tempat boleh biasa, tetapi makanannya luar biasa.

Depot Simpang Empat menyajikan masakan dengan citarasa chinnese di kota Balikpapan. Menu utama yang juga menjadi menu favorite pengunjung adalah roti mantau yang disajikan dengan daging menjangan lada hitam atau menjangan cabe kering. Menu lain yang tak kalah enak seperti nasi goreng ikan asin, muntahu, capcay, iffumie, steamboat, udang tepung mayonaise, sampai burung dara goreng.

Tidak perlu jauh-jauh, jika ingin menikmatin kuliner yang ada di depot ini. Karena ada cabang  yang berlokasi di Mall Balikpapan Baru, dengan nama Balikpapan Suki.

# Soto Banjar Kuin Abdhu

Letak warungnya cukup strategis, di Jl. A. Yani, gunung sari, pojokan gang gamma. yang membuat soto kuin ini spesial adalah Soto Kuin selalu memakai perkedel singkong dan  didampingi sate ayam dalam menyantapnya. Dan harganya juga terjangkau, Soto banjar ini buka mulai jam 14.30 dan tutup sekitar pukul 23.30.

#Waroeng Goesthie Balikpapan

Waroeng Goesthie menyajikan menu yang yang berbeda dan unik yakni  SOP Singkong "NDESO" + Ceker, tersedia juga es krim goreng dengan 4 varian rasa seperti Coklat, Vanila, Strawberry, dan Durian. Tidak hanya itu saja, di waroeng Goesthie ini juga tersedia  Pancake & Waffle di Balikpapan.

Waroeng Goesthie menyediakan layanan FREE WIFI, harga makanannya juga terjangkau. Konsep yang ditawarkan tentu saja, lesehan sehingga menciptakan suasana keakraban. Lokasi ini berada di  strat 3.

#D’Jimbaran Resto

Restoran ini letaknya tidak jauh dari Pantai Kemala, tempat wisata favorit bagi pengunjung dari luar kota di Jl. Jend. Sudirman. Di restoran ini, kita dapat menikmati makanan kuliner khas nusantara dan Eropa sesuai dengan selera kita.

#Kuliner di Pantai Melawai

Lokasinya memang tidak jauh dari Pantai Kemala yang dapat menjadi alternative. Jika mencari  makanan ala Indonesia dengan harga miring seperti bakso, pecel lele, es kelapa dan lainnya, disinilah tempat yang cocok untuk dinikmatin. Saat mengunjungi tempat ini, sebaiknya saat sore karena banyak pedagang makanan yang mulai menawarkan hidangannya  sambil menikmati matahari terbenam dan makan lesehan.

#Sate Buaya

Di dekat Pantai Lamaru dan hanya dapat menemukan lokasi penangkaran buaya teritip yang menjadi salah satu tempat wisata di Balikpapan. Makanan yang dapat dinikmati disini adalah sate buaya yang buka saat akhir pekan atau hari libur nasional sebagai Daftar Wisata Kuliner Kota Balikpapan.

Okey, cukup sekian beberapa rekomendasi yang bisa keluarga KoCin sampaikan kepada penduduk setia KoCin. Semoga bermanfaat dan boleh ditambahkan di kolom komenter, lokasi kuliner yang rekomen saat berkunjung ke kota Balikpapan.

Salam ngences terhadap kuliner di Balikpapan yang kurindukan yakni pisang gapit, sop singkong dan bubur ayam plus soto banjar.
 


Keluarga KoCin


#Quotes: Taste your food the way You love yourself. @citrapandiangan

http://www.kotacinta.com/2016/10/7-places-to-eat-when-visit-balikpapan.html
click here







8 comments:

  • Wadiyo said...

    dari foto-fotonya saja sudah menggugah selera.
    lengkap banget info-nya Mbak.
    apalagi kepitingnya, kelihatan enak banget,
    bisa sharing dikit aja Mbak?
    tq

  • Citra Pandiangan said...

    @Mbak Kurnia
    Hi mbak kurnia, apa kabar. terimakasih telah berkunjung balik ke blogku ya. Ayuk mbak, kapan jalan-jalan ke Balikpapan, hihihi bukan hanya kulinernya aja yang menggoda tetapi wisatanya juga lho... hutan paling banyak diminati

Post a Comment

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day