7 hal real yang kamu temukan di Jakarta di Pagi Hari

Tuesday, September 20, 2016 2 comments


Jakarta Pagi hari Bagaikan Roller Coaster


Pernah tidak mendengarkan lagu “Siapa suruh datang Jakarta, Siapa suruh datang Jakarta” entahlah Keluarga Kota Cinta (LuKoCin) juga sudah lupa lengkapnya dan siapa penyanyinya. Mau searching di google juga lagi malas. Karena saat menulis ini lagi off (mati) nternetnya. Jadinya, ya sudah biasa saja ya Penduduk Kota Cinta (DuKoCin).

LuKoCin pernah tinggal di Jakarta #merantau gitu. Kalau tidak salah di beberapa bulan terakhir sebelum tahun 2013 lalu. Tentunya sebagai penghuni baru ibukota sudah dibayangkan hal-hal yang indah-indah dan menyenangkan. Secara LuKoCin kan berasal dari kepulauan. Walaupun sebelumnya lahir dan besar di kota Balikpapan, dilanjutkan kuliah di Yogyakarta yang terkenal sebagai #kotapelajar. Lalu, bekerja di kota #gersang alias #tanahmerah Batam. Sebab, tanah di sana memang merah. Kemudian terdampar di pulau kecil yang disebut #kotagurindam alias Tanjungpinang.

Akhirnya berakhir juga di kota metropolitan #Jakarta. Senang? Sudah pasti awalnya. Tapi lama-lama mendapatin hal nyata yang ditemukan di Jakarta pagi hari. Bagi DuKoCin yang tinggal #merantau di Jakarta pasti tidak asing dengan tujuh hal dibawah ini yang akan LuKoCin bagikan. Semoga Informasi ini berguna dan membuat DuKoCin yang lainnya untuk berhati-hati. O.k this is based on the LuKoCin eyes.

7. Bus 213 Berjalan Miring
photo: antaranews.com
Bangun pagi, mencari angkutan umum untuk membawa diri bekerja. Sungguh hal yang tidak gampang di pagi hari. Dengan perhitungan jumlah angkutan kota tidak sebanding dengan jumlah penumpang. Alhasil, bus bisa berjalan miring di pagi hari karena penuh penumpang. Mereka, mau tidak mau tetap memaksakan diri menaikin bus tersebut. Soalnya, tidak ingin terlambat ke kantor yang bisa saja salah satu perusahaan memiliki perjanjian gaji bisa dipotong jika terlambat.

Salah satu pemandangan unik di pagi hari yang LuKoCin suka lihat adalah bus kota dengan nomor 213. Setiap bus ini melintas di depan halte busway tempat dimana LuKoCin menanti selalu tidak pernah sepi penumpang. Bahkan sudah berdiri pun masih dijubelin #dipaksa memasukan penumpang baru. Sehingga tidak heran, bus ini berjalan miring karena penuh dengan penumpang. Apalagi jurusan bus ini memang melewatin pusat kota hingga grogol kali ya? LuKoCin tidak ingat. Sekali lagi #internetoff jadi tidak bisa searching.

Kebetulan salah seorang teman LuKoCin setiap pagi naik bus nomor tersebut. Akhirnya LuKoCin memberanikan diri menanyakan bagaimana kondisi di dalam bus saat itu. Kebetulan salah seorang teman ini ukuran tubuhnya tidak tinggi. Sehingga ia tidak bisa menggapai tiang besi di dalam bus tersebut. Tapi, we are so lucky born as women. Karena wanita selalu memiliki akal untuk #mengamankan diri. Jadi dia menggunakan tali ID Card karyawan sebagai penahan agar ia tidak terjatuh. Apabila busnya berhenti mendadak. Ia pun bercerita cara berdirinya mesti ke samping dan bukan hanya satu baris tapi dua baris. Bisa dibayangkan betapa sesak, sempit, dan panasnya berada di angkutan seperti itu. Jadi, jangan heran saat melihat bus dengan nomor itu bisa berjalan miring karena beban penumpang tidak sebanding dengan sisi penumpang lain.


6. Busway yang datang terlambat dan selalu penuh
Sudah bukan rahasia lagi, jika busway selalu terlambat dan juga penuh. Khususnya jadwal di pagi hari dan sore hari. Dimana jam-jam penumpang lebih banyak di pagi hari karena berangkat ngantor. Bayangkan saja LuKoCin sudah menanti di halte busway dari pukul  06.20 hingga 07.20  buswaynya belum datang juga. Padahal, jam kantor adalah jam 08.30. begitu datang tidak bisa masuk. Walaupun memaksakan di marahin petugas tetapi kalau nunggu sepi a.k.a tidak bakalan dapat busway. Apalagi penumpang busway seperti #monster kalau di pagi hari. Contohnya berebut masuk, saling dorong mendorong, pemarah, egois dan masih banyak hal yang bisa menyebabkan badmood di pagi hari. Karena BUSWAY. Busway selalu penuh tidak masalah berdesakan, tetapi jika sudah penuh dan tidak sesuai jadwal kedatangan. Bisa berabe untuk pergi ke kantor.

5. Penumpang yang berpura-pura tidur
photo: photo.liputan6.com
Siapa seh yang tidak ingin menikmatin pagi di pagi hari. Apalagi jika perjalanan jauh mendapatkan bangku adalah ANUGRAH. #jakartamacet jadi duduk tak berasa capek. Action para penumpang yang pura-pura tidur sambil menggunakan ear phone. Saat petugas busway meminta bangku untuk orangtua, ibu hamil maupun ibu yang sedang bawa anak. Tidak ada yang mau mengalah. Mereka siap dengan gaya alay mereka. Sampai petugas #membangunkan salah seorang penumpang yang dekat dengan pintu keluar untuk berdiri dan menyerahkan #singasananya pada penumpang wanita tua tersebut.
Nggak percaya ya DuKoCin? Buktikan saja sendiri hehehe. #Perjalananwaktu dulu ada berita mengenai salah seorang penumpang kereta yang merasa kesal dengan penumpang hamil. Sampai berujar di sosmed dan sempat #heboh dan berakhir permohonan maaf.

Tidak hanya di #busway tetapi juga #keretaapi berlaku sama perarturan dengan penumpang prioritas tapi terkadang mereka tak peduli. Baik wanita maupun pria. Khususnya pria-pria metropolitan itu lebih egois dan tidak mau mengalah untuk wanita tua dan hamil. Mereka lebih mempedulikan diri sendiri yang lelah hoho.

 4. kesempatan pencopet atau jambret beraksi
Penuhnya penumpang berarti kesempatan orang yang berniat jahat. Sering kali terjadi jambret dan pencopet. Kalau di catat sehari bisa berkali-kali orang kehilangan barang berharga mulai dompet, ponsel. Aduh, hati-hati bawa barang bawaan ya. Saat naik transportasi umum yang penuh dengan penumpang. Karena kita tidak pernah tahu siapa yang ada di sebelah kita.

3. Duduk di tangga di dekat supir jika memungkinkan untuk bisa duduk
Kalau buswaynya masih dalam bentuk yang lama, terkadang karena lelah. Memilih mengotorkan baju pada bagian pantat dengan duduk di tangga dekat supir busway. Merupakan alternatif lain agar badan tak lelah dan tidak terlalu berdesakan saat berdiri diantara penumpang lain.

2. Berdiri sambil tidur karena mata masih mengantuk
Ini LuKoCin banget, karena sangking masih ngantuknya. LuKoCin bisa berdiri sambil tidur karena mata mengantuk berat. Asalkan posisi dalam keadaan aman dan juga melindungin diri dari niatan jahat ya. Hal ini juga banyak dilakukan penumpang kereta api maupun busway yang tidak mendapatkan bangku.

1. Pria mesum yang berkesempatan dekat dengan wanita
photo: jabar.tribunnews.com
Pernah ada orang yang hampir bertindak tidak sopan. Untunglah LuKoCin ini sangat berani, jadi langsung menegur. Karena malu, pelaku mengeles karena tiba-tiba pak supir mengerem mendadak atau terlalu ngebut. Sehingga ia tidak bisa menjaga keseimbangan. See, banyak motif dan alasan bagi penumpang busway untuk bertindak tidak sopan diantara para penumpang yang berdiri. Apalagi saat masih pagi, masih mengantuk terkadang DuKoCin pastinya juga kurang aware bukan terhadap sekitar.

Baiklah, hal yang diatas adalah tujuh persoalan yang bisa DuKoCin temukan di Kota Jakarta di pagi hari. Mudahan informasi diatas hanya diambil yang baiknya saja dan dijadikan pengingat agar kita lebih hati-hati lagi saat menggunakan transportasi umum. Ok DuKoCin.

Salam






Citra Pandiangan 


http://www.kotacinta.com/2016/09/7-real-things-you-will-find-at-jakarta-in-the-morning.html

2 comments:

  • Triani Retno A said...

    Sepertinya nggak cuma bus 213 yang sampai miring ke kiri deh :D Makanya dulu pas kerja di Jakarta aku selalu cari kos-kosan di dekat kantor. Nggak tahaaaan sama jubelan penumpang di bus. Rawan pencopetan sekaligus rawan pelecehan seksual >.<

Post a Comment

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day