Mengenal Balikpapan dari Wisata Unik

Friday, August 26, 2016 0 comments


Liburan adalah hal yang paling menyenangkan, tidak hanya oleh anak-anak saja, tetapi juga orang dewasa. Menikmatin libur sama dengan menikmatin kehidupan dan lepas dari rutinitas sejenak. Setelah sebelumnya membahas wisata pantai, wisata hutan, plus wisata kuliner dan belanja di kota Balikpapan, masih ada beberapa spot wisata di kota Balikpapan yang layak untuk dinikmatin saat memiliki waktu luang atau waktu berlibur panjang.

1. Taman Bekapai
Taman Bekapai adalah tempat rekreasi atau menghabiskan waktu luang warga kota Balikpapan. Di lokasi ini terdapat sebuah patung baja menggambarkan proses eksplorasi minyak dari dalam bumi. Ketika senja datang, secara pasti patung unik itu akan dipenuhi sorotan lampu. Sebagai tanda malam telah menggantikan siang.

Lokasi taman bekapai ini berada di Jl Sudirman, tepatnya di depan kantor PLN. Untuk menikmatin taman bekapai ini sangat mudah, bisa menggunakan angkutan umum dengan nomor 6 dari arah Terminal Damai dan minta pada supir  menurunkan  di Taman Bekapai.

2. Kilang Minyak Balikpapan
Kilang Minyak Balikpapan | SP:balikpapan.prokal.co
Mumpung berada di kota minyak, alias di kota Balikpapan, tidak ada salahnya sekedar melihat kilang minyak yang membentang di sepanjang jalan Jl. Minyak, menghadap Teluk Balikpapan.

Kilang atau tangki  minyak terhampar pada area seluas 2,5 kilometer persegi. Area ini tentu saja tidak untuk umum. Karena sangat beresiko dan berbahaya, tetapi sekedar melihat dari jauh tentunya sangat menyenangkan. Meskipun dikelilingi pagar kawat tetapi kita masih bisa melihat tangki raksasa di sepanjang jalan minyak.

Kilang minyak ini mengolah minyak jadi dan minyak mentah terutama untuk Indonesia bagian timur. Kilang-kilang ini awalnya dibangun pada tahun 1922 yang kemudian sempat hancur pada saat Perang Dunia Kedua dan dibangun kembali pada tahun 1950. Tidak perlu mobil pribadi untuk melalui jalan minyak ini sambil melihat pemandangan tangki raksasa ini, karena transportasi umum juga melalui jalur ini. Khususnya angkot nomor 6 dari arah Terminal Damai. 

3. Monumen Tentara Jepang
Monumen yang dibangun tidak terlalu besar ini terletak di pantai yang juga hijau dengan pepohonan. Monumen Tentara Jepang didirikan untuk mengenang tentara Jepang yang gugur di wilayah Balikpapan selama Perang Dunia Kedua. Kita dapat melihat beberapa makam tentara Jepang tepat di sebelah monumen.

Lokasi  monumen ini berada di Kecamatan Lamaru, sekitar 26 kilometer ke arah timur dari pusat kota (timur Balikpapan). Untuk biaya masuk ke monumen ini GRATIS, tetapi mereka mengharapkan sumbangan sukarela.  Untuk melihat monumen ini bisa menggunakan  transportasi umum,  nomor 7 (dari arah Terminal Damai) dan minta supir  menurunkan  di depan jalan kecil yang menuju Tempat Makam Jepang. Setelah melewati Pantai Manggar, kita akan melihat papan petunjuk kecil "Tempat Makam Jepang" di sebelah kanan jalan dari jalan raya ini kita  harus berjalan lagi sejauh kurang lebih 200 meter untuk mencapai lokasi ini atau dengan ojek.

Note:  pintu masuk sering dikunci, sebaiknya pengunjung menghubungi Bpk. Ibrahim (juru kunci) sebelum berkunjung ke tempat ini. No ponsel 0852 47583829

4. Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera)
Monpera Balikpapan | sp: gosidscover.co.id
Monumen yang menempati area seluas 9.000 meter persegi ini terletak di tepi Pantai Monpera yang bernuansa hijau. Monumen ini berada di Jl. Jenderal Sudirman (di depan markas Makodam VI Tanjung Pura).

Untuk menikmatin monumen ini bisa menggunakan angkutan umum dengan memilih nomor 6 dan mnta di turunkan di monpera.

5. Monumen Australia
Monumen Australia ini dibangun untuk mengenang tentara Australia yang gugur di wilayah Kalimantan Timur selama masa Perang Dunia Kedua. Lokasi ini dekat dengan pantai kemala di Jalan Jendral Sudirman.  Cara menuju ke monumen ini bisa menggunakan transportasi umum  nomor 6 dari arah Terminal Damai dan turun tepat di depan monumen ini (terletak di tengah jalan utama di dalam komplek Pertamina).

6. Desa Terapung Kampung Baru
Tidak seperti desa terapung lainnya, di mana orang tinggal di perahu (seperti yang ada di Phnom Penh dan Siem Reap), penduduk "Kampung Baru" tinggal di rumah-rumah yang terbuat dari kayu dan dibangun di atas air, di lepas pantai.

 Lokasi ini berada di dekat terminal mikrolet Kampung Baru Tengah. Untuk bertandang kesana bisa menggunakan kendaraan sendiri atau transportasi umum. Pilih nomor  5 (dari arah terminal Damai menuju terminal Kampung Baru Tengah), dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah pelabuhan Kampung Baru. Disini, kita akan melihat rumah-rumah kayu yang dibangun diatas air.

7. Caribbean Island Water Park
Caribbean Island | sp: wisataindah88.blogspot.com
Caribbean Island Water Park merupakan tempat rekreasi keluarga yang umum dikunjungi warga Balikpapan. Tempat ini menawarkan beberapa wahana petualangan, seperti "Spilled Bucket" (meluncur dari ketinggian 13 meter) dan wahana-wahana lainnya.

Lokasi tempat rekreasi ini berada di  Jl. Kol. Syarifuddin Yoes (Ring Road II). Sayangnya masih belum ada transportasi umum yang melalui tempat rekreasi ini.

8. Pusat Seni & Budaya Palm Hills
Palm Hills merupakan sebuah restoran yang memiliki pemandangan indah. Selain restoran, tempat ini juga memiliki sebuah galeri dan pusat seni yang terletak di area yang sama. Pertunjukkan tradisional diadakan pada acara-acara tertentu. Untuk mengetahui jadwal pertunjukkan, kita dapat menghubungi Bp. Soepardi  di 0542 770620 atau 0858 78923388. Tempat ini buka setiap hari mulai jam 10:00-22:00. Cara menuju lokasi ini dengan transportasi umum  dari Terminal Damai naik angkot nomor 7 dan turun di dekat papan petunjuk "Gallery Art & Cultural Center". Lalu, lanjut dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari jalan utama ke tempat ini atau dengan ojek.

Biasanya galeri ini ramai dikunjungin di akhir pekan,  Palm Hills juga menjual lukisan-lukisan dengan harga berkisar dari Rp 500.000 hingga Rp 25.000.000.

Demikian beberapa spot liburan di kota Balikpapan yang sayang untuk dilewatkan jika memiliki waktu panjang untuk liburan di kota ini.

Salam berpetulang dan nikmatin setiap waktu menjelajah tempat yang berbeda





Citra Pandiangan




#Quotes: Jangan takut untuk melangkahkan kaki tanpa tujuan pasti, karena hidup singkat untuk tidak berpetualang menikmatin hidup. @citrapandiangan

0 comments:

Post a Comment

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day